Gua bercerita dan berusaha memberikan nasihat seperti ini bukan berarti gua adalah orang yang paling suci dan benar di dunia ini..gua tetaplah manusia biasa seperti kalian yang tak pernah luput dari salah dan khilaf...namun setidaknya dalam ketidaksempurnaan gua sebagai manusia..masih ada rasa ingin dalam hati gua untuk berbagi dan memberi..dan tidak selalu meminta..bukankah tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah...

Mudah-mudahan dari cerita dan nasehat yang gua sampaikan dapat memberi hikmah dan pelajaran dalam mengerti dan memahami arti hidup...sehingga menjadi cerminan dalam diri kita untuk bisa berbuat lebih baik lagi...

Semua cerita dan nasehat ini semata mata hasil imajinasi dan kreasi pemikiran dan pengamatan gua dalam melihat problematika disekitar hidup ini, walaupun di dalamnya ada tersirat sedikit maupun banyak pengalaman dan kisah hidup gua dalam melangkah dan menapak setiap detik putaran hidup ini...Thank's ats segala dukungan dan saran sobat-sobat Facebookers dan Bloggers sekalian...Gua berjanji gua nggak pernah berhenti dalam berkreasi dan berkarya...Semoga Kita Selalu Mendapatkan Bimbingan-Nya...Aminnnn.... ^_^

Minggu, 26 Februari 2012

Pengorbanan Seorang Ayah..

Di matamu masih tersimpan selaksa peristiwa
Benturan dan hempasan terpahat di keningmu
Kau nampak tua dan lelah, keringat mengucur deras
namun kau tetap tabah hm…
Meski nafasmu kadang tersengal
memikul beban yang makin sarat
kau tetap bertahan (Titip Rindu Buat Ayah-Ebiet G. Ade)

Tokk..tokk..tokkkk...Assalammualaikum....any body home???? Hehe haiiii..sobat aq kembali hadir neh..jangan bosen-bosen ya ma aq hehe...yupzzzzz...sesuai dengan judul di atas, kali ini aq mau ngebahas soal Pengorbanan Seorang Ayah, klo yang dulu-dulu aq sudah ngebahas tentang Pengorbanan Seorang Ibu...nahhh..aq nggak mau dikatain nggak adil..jadi kesempatan kali ini seorang Ayah pun harus kita bahas mengenai apa saja yang telah dilakukannya untuk kita dan apa saja yang ada dipikiran dan benaknya...ok..sob...dah siap...klo gitu siapkan sapu tangan dan tissuenya ya hehe

Ayah..oh..ayah..”siapa yang suka dan cinta sama Ayah angkat tangannya??? Aq bu guru??? Ade sayang sama ayah, alasannya apa?? Karena ayah selalu memanjakanku..disaat ibu suka marah-marah ma aq, trus ayah juga selalu tidak ada lelahnya menjemput dan mengantarkan ku sekolah, ayah juga mengajari ku banyak pelajaran hidup..walupun beliau sudah lelah dan capek bekerja seharian, saat aq minta dibelikan permen..ibu selalu marah-marah..tapi ayah dengan kehangatannya dan cara sembunyi-sembunyi membelikan ku permen kesukaan ku..aq sayang banget...sama ayah...ayah i luv u...” mungkin itu adalah sebagian pengalaman kecil kita ketika kita ditanya oleh bapak/ibu guru disekolah mengenai kecintaan kita kepada ayah.

Ayah memang berbeda sekali dengan ibu, klo ibu mungkin terlalu cerewet dalam mendidik kita...tapi ayah..dengan ketenangannya dan senyumnya mampu dalam merangkul kita, ayah jarang banget marah..ayah selalu penuh dengan ketenangan..namun dibalik ketenangannya itu tersimpan suatu ketegasan yang begitu mengagumkan. Ayah adalah seorang panutan..ia terlahir sebagai seorang kepala rumah tangga, seorang imam sebuah rumah tangga dan seorang super hero bagi anak-anaknya. Iyaaa...bagiku ayah adalah seorang super hero..dengan ketabahan dan kekuatannya, ayah selalu berusaha melindungi kita, menjaga kita dan memberikan kedamaian dan kenyamanan bagi istri dan anak-anaknya.

Pagi-pagi sekali ayah sudah bangun dari tidurnya yang hanya sesaat karena hanya mampu tidur dalam waktu yang cukup telat dimalam tadi karena pulang dari kerjanya. Disaat kita masih terlelap dan memeluk bantal guling dalam kehangatan selimut, ayah sudah siap dengan segala semangat kerjanya...sambil mencium kening kita ayah berkata “selamat pagi bidadari kecil ku/jagoan kecil ku...bangunnya jangan siang-siang ya..jangan lupa hari ini belajar yang baik di sekolah dan setelah pulang sekolah jangan lupa bantuin ibu ya dirumah..mmmuuachh” dan menitipkan uang saku kepada ibu..walaupun ayah tau itu adalah uang cadangan terakhirnya yang berada dalam dompetnya, namun demi anaknya ia rela memberikannya...lihatlah betapa agungnya jiwa seorang ayah yang merupakan super hero kita.

Ketika ibu selalu marah-marah dengan kita karena kesalahan kita sendiri yang nakal dan tidak mau mendengarkan kata-kata ibu, ayah selalu datang dan menggendong kita..sambil berusaha mendamaikan dan meneduhkan kita “cupp..cuppp..sayang...jangan nangis lagi ya..kan ada ayah disini..udah jangan nangis lagi ya” ayah bukannya memanjakan kita dan berusaha memberi pembenaran dengan kesalahan yang apa kita lakukan, namun ayah berusaha mendidik kita dan menjadikan kita menjadi seorang anak yang tidak cengeng dan lemah, ia akan bangga jika kita menjadi seorang anak yang kuat, tidak lemah dan tidak cengeng. Ayah selalu berusaha memberikan yang terbaik walaupun ia merasa bukan seorang ayah yang terbaik.

Engkau telah mengerti hitam dan merah jalan ini
Keriput tulang pipimu gambaran perjuangan
Bahumu yang dulu kekar, legam terbakar matahari
kini kurus dan terbungkuk hm…
Namun semangat tak pernah pudar
meski langkahmu kadang gemetar
kau tetap setia (Titip Rindu Buat Ayah-Ebiet G. Ade)

Ayah tidak suka meneteskan air mata. Ketika kamu lahir dan dia mendengar kamu menangis untuk pertama kalinya, dia sangat senang sampai-sampai keluar air dari matanya. Ketika kamu masih kecil, ia bisa memelukmu untuk mengusir rasa takutmu, ketika kau mimpi akan dibunuh monster.Tapi, ternyata dia bisa menangis dan tidak bisa tidur sepanjang malam, ketika anak gadis kesayangannya di rantau tak memberi kabar selama hampir satu bulan.
Ayah tidak pernah marah, tetapi mukanya akan sangat merah padam ketika anak gadisnya menginap di rumah teman tanpa izin. Dan diapun hampir tidak pernah marah, kecuali ketika anak lelakinya kepregok menghisap rokok dikamar mandi. Ayah mengatakan, "tidak apa-apa mengambil sedikit resiko asal kamu sanggup kehilangan apa yang kamu harapkan"

Pujian terbaik bagi seorang ayah adalah ketika dia melihatmu melakukan sesuatu persis seperti caranya. Ayah lebih bangga pada prestasimu, daripada prestasinya sendiri. Ayah hanya akan menyalamimu ketika pertama kali kamu pergi merantau meningalkan rumah, karena kalau dia sampai memeluk mungkin ia tidak akan pernah bisa melepaskannya.

Ayah, dalam hening sepi kurindu
untuk menuai padi milik kita
Tapi kerinduan tinggal hanya kerinduan
Anakmu sekarang banyak menanggung beban (Titip Rindu Buat Ayah-Ebiet G. Ade)

Pernahkah kalian menghitung sudah berapa kerutan di dahi ayah??? Pernah kah kalian memperhatikan bagian mana saja pada tubuhnya yang mengalami keriput, pernahkah kalian menghitung sudah berapa lembar uban (rambut putih) di kepalanya??? Mungkin saat ini ia telah memasuki usia senja, namun pernah kah kalian berpikir bahwa ayah akan berhenti memikirkan kita??? Tidak sobat..ia tidak pernah berhenti berpikir dan mencari cara agar anak-anaknya dapat hidup bahagia, meraih masa depan yang gemilang, apa saja yang dibutuhkan kita...walaupun ia tau bahwa kita sudah bekerja dan menghasilkan penghasilan sendiri, ia tidak pernah meminta sedikit atau selembar rupiah pun kepada kita...karena ia merasa apa pun yang kita hasilkan adalah merupakan suatu kebahagiannya juga, disaat kita jauh dengannya..karena pekerjaan ataupun karena mengikuti suami bertugas ataupun karena kita sedang menuntut ilmu di negeri seberang..ayah juga selalu berpikir seperti apa keadaan kita sekarang, apakah kita sehat...padahal ia pun tau bahwa kondisinya sendiri sedang tidak baik, namun ia terus berpikir dan terus berpikir sehingga ia tak mampu lagi berpikir untuk selamanya.

Kalau tidak salah ayah pernah berkata "Kalau kau ingin mendapatkan pedang yang tajam dan berkwalitas tinggi, janganlah mencarinya dipasar apalagi tukang loak, tapi datang dan pesanlah langsung dari pandai besinya. Begitupun dengan cinta dan teman dalam hidupmu, jika kau ingin mendapatkan cinta sejatimu kelak, maka minta dan pesanlah pada Yang Menciptakannya".

Untuk masa depan anak lelakinya Ayah berpesan "Jadilah lebih kuat dan tegar daripadaku, pilihlah ibu untuk anak-anakmu kelak wanita yang lebih baik dari ibumu, berikan yang lebih baik untuk menantu dan cucu-cucuku, daripada apa yang yang telah ku beri padamu"

Dan untuk masa depan anak gadisnya Ayah berpesan "Jangan cengeng meski kau seorang wanita, jadilah selalu bidadari kecilku dan bidadari terbaik untuk ayah anak-anakmu kelak. Laki-laki yang lebih bisa melindungimu melebihi perlindungan Ayah, tapi jangan pernah kau gantikan posisi Ayah di hatimu"

Ayah bersikeras, bahwa anak-anakmu kelak harus bersikap lebih baik daripada kamu dulu.
Ayah bisa membuatmu percaya diri, karena ia percaya padamu. Ayah tidak mencoba menjadi yang terbaik, tapi dia hanya mencoba melakukan yang terbaik.

Engkau telah mengerti hitam dan merah jalan ini
Keriput tulang pipimu gambaran perjuangan
Bahumu yang dulu kekar, legam terbakar matahari
kini kurus dan terbungkuk hm…
Namun semangat tak pernah pudar
meski langkahmu kadang gemetar
kau tetap setia (Titip Rindu Buat Ayah-Ebiet G. Ade)

Disaat terpisah seperti ini...betapa rindunya dan kangennya aq sama ayah, ia adalah pahlawan ku dan dia adalah super hero ku..bagaimana dengan kalian??? Apakah ayah kalian masih ada atau sudah pergi untuk selama-lamanya?? Masihkah kalian menyimpan foto-fotonya?? Masihkah kalian mengenang dan mengingat jasa-jasanya?? Masihkah kalian sering menelpon dan menanyakan khabarnya?? Masihkah ia sering tersenyum dan tertawa disaat kalian menceritakan pengalaman hidup lucu yang baru saja kalian alami?? masihkah kalian mau memijatnya disaat ia lelah setelah bekerja?? Masihkah kalian suka melawan dan membantah kata-katanya?? Masihkah kalian mau menyuapinya dan membersihkan kotorannya disaat ia tak mampu lagi melakukannya?? Masihkah kalian menyebut namanya dalam setiap sujud dan doa kalian??

Jikalah ayah kalian masih hidup..tunjukkan bhakti mu, dengarkan kata-kata dan nasehatnya, buatlah ia bangga akan prestasi mu, jangan jadikan ia tertunduk lesu dan menangis dalam kesedihan karena merasa gagal dalam mendidik kalian...namun justru sebaliknya buatlah ia bangga..bahwa kalian telah meraih sukses dan menjaga kepercayaannya. Namun jikalah ayah kalian sudah berada di sisi-Nya, jangan pernah terputus doa untuknya agar ia selalu merasa nyaman disisi Allah SWT...jadikan ia tersenyum disana...ayolah sobat lakukan sebelum semua ini terlambat...

Ya Allah..betapa rindunya aq kepadanya, mungkin ia sempat kecewa dengan beberapa keputusan yang pernah ku ambil..namun aq yakin ia akan merasa bangga dengan keputusan ku itu..Ya Allah ampuni dosa-dosa ku, aq sayang kepada Ayah..ia adalah pahlawan ku..sayangi dia ya Allah..aq belum mampu membalas semua pengorbanannya pada diri ku sejak kecil hingga saat ini...jikalah samudera itu ku jadikan lautan berlian dan gunung itu ku jadikan tumpukan emas..belum mampu dan sama dengan semua jerih payahnya untuk ku...

Ayah aq sayang pada mu...aq masih haus akan sayang dan kasih mu..hikzzzzzz.... :( :( :( (duhhh tissue ku habis lagiiii...)

Tuhan tolonglah sampaikan sejuta sayangku untuknya
Ku terus berjanji tak kan khianati pintanya
Ayah dengarlah betapa sesungguhnya ku mencintaimu
Kan ku buktikan ku mampu penuhi semua maumu (Yang Terbaik Bagimu-Ada Band feat Gita Gutawa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar