Gua bercerita dan berusaha memberikan nasihat seperti ini bukan berarti gua adalah orang yang paling suci dan benar di dunia ini..gua tetaplah manusia biasa seperti kalian yang tak pernah luput dari salah dan khilaf...namun setidaknya dalam ketidaksempurnaan gua sebagai manusia..masih ada rasa ingin dalam hati gua untuk berbagi dan memberi..dan tidak selalu meminta..bukankah tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah...

Mudah-mudahan dari cerita dan nasehat yang gua sampaikan dapat memberi hikmah dan pelajaran dalam mengerti dan memahami arti hidup...sehingga menjadi cerminan dalam diri kita untuk bisa berbuat lebih baik lagi...

Semua cerita dan nasehat ini semata mata hasil imajinasi dan kreasi pemikiran dan pengamatan gua dalam melihat problematika disekitar hidup ini, walaupun di dalamnya ada tersirat sedikit maupun banyak pengalaman dan kisah hidup gua dalam melangkah dan menapak setiap detik putaran hidup ini...Thank's ats segala dukungan dan saran sobat-sobat Facebookers dan Bloggers sekalian...Gua berjanji gua nggak pernah berhenti dalam berkreasi dan berkarya...Semoga Kita Selalu Mendapatkan Bimbingan-Nya...Aminnnn.... ^_^

Minggu, 26 Februari 2012

Wanita...



Assalammualaikum...wr.wb...sobat-sobat ku apa kabar kalian, mudah-mudahan selalu dilimpahkan kesehatan ya..Aminnn...^_^ kali ini aq mau ngebahas soal WANITA....jrengg...jrenggg...taraaaaaa....hehe (apaan seh abang ini hehe)..(kaga papa seh..seneng aja klo ngebahas soal yang satu ini...hhe).


Wanita..ohh...wanita...hehe kenapa yokkk...aq suka banget klo ngebahas soal wanita??? Ya karena di dalam diri wanita banyak sesuatu yang special , yang klo kita mau menelitinya dan mendalaminya lochh...nggak percaya??? Klo gitu nyokkkk...kite bahas...lipet tangannya di meja, kunci mulutnya, pasang kupingnya, perhatikan dengan seksama...(yeee...emangnya di bangku sekolahan apa bang hehe).

Wanita adalah sosok yang luar binasa dimata ku..upssss...luar biasa maksudnya hehe sorry..sorry kepleset..maklum terlalu semangat hehe, ia hadir ke dunia ini sebagai pelengkap atas segala kekurangan dan kehampaan dunia, klo kalian masih inget cerita manusia pertama di dunia ini yaitu Nabi Adam AS, beliau diciptakan Allah SWT sebagai manusia pertama dan ditempatkan di surga, coba bayangin betapa indahnya surga itu, segala yang kita mau dan kita minta semua tersedia tinggal bilang aja dan...cringgg...taraaaa...langsung tersedia didepan mata hehe itu seh kata ustadz aq waktu belajar ngaji di TK/TPA Alquran waktu masih umur 6 tahun dulu hehe.

Namun dibalik semua keindahan surga dan segala macam fasilitasnya, Nabi Adam AS tetap aja merasa ada yang kurang, yaaa...beliau merasa kesepian karena tidak ada teman atau pendamping hidupnya, dan setelah berdoa dan meminta kepada Allah SWT, akhirnya Allah SWT menciptakan sesosok manusia yang begitu indah dan memukau mata yaitu adalah wanita, dan akhirnya Nabi Adam AS hidup berdua bersama wanita itu yang bernama Siti Hawa dan merasa tidak kesepian lagi hingga akhirnya mereka berdua dihukum dan diturunkan ke bumi yang fana ini. (sampe disini saja ya cerita Nabi Adam AS nya...hehe).

Wanita merupakan sosok yang begitu special di mata kaum adam, kenapa coba..ya karena wanita itu diciptakan dari tulang rusuk laki-laki..makanya laki-laki akan merasa kurang bila tidak ada sosok wanita, coba neh aq ajak kalian berpikir secara rasional dan logis aja ya..gimana rasanya jika ada salah satu anggota tubuh kalian yang hilang..nggak enak banget kan, misalnya mata kalian nggak ada satu hayooo?? Atau tangan kalian cuma satu?? Atau kalian nggak punya hidung?? (bang..bang..bentar nggak punya hidung ini maksudnya nggak punya hidung sama sekali..atau punya hidung tapi kaya om sule bang hehe) (wahahaha...ya nggak punya hidung sama sekali lah maksudnya hehe). Nahh lohh..sama ajakan klo kita sebagai laki-laki kehilangan tulang rusuknya pasti rasanya hampa banget kan..(tapi bang ada tuh temen gua bilang “ahh..tanpa wanita hidup gua tetep happy aja kok”..gitu bang katanya..) (iyeee...mungkin saat ini dia ngomong kaya gitu karena dia belum merasa butuh kehadiran seorang wanita dalam hidupnya..tapiii..coba nanti..apa dia masih bisa berkata demikian..emangnya nggak mau kawin apa hehe...kecuali dia homo hehe).

Kaum Adam...denger kan ini...baca baik-baik ya... ^_^ :
Wanita yang diambil dari tulang rusuk lelaki. Jika Allah SWT mempersatukan dua orang yang berlawanan sifatnya, maka itu akan menjadi saling melengkapi. Dialah penolongmu yang sepadan, bukan lawan yang sepadan. Ketika pertandingan dimulai, dia tidak berhadapan denganmu untuk melawanmu, tetapi dia akan berada bersamamu untuk berjaga-jaga di belakang saat engkau berada di depan, atau segera mengembalikan bola ketika bola itu terlewat olehmu, dialah yang akan menutupi kekuranganmu.

Wanita ada untuk melengkapi yang tak ada dalam laki-laki : perasaan, emosi, kelemah lembutan, keluwesan, keindahan, kecantikan, rahim untuk melahirkan, mengurusi hal-hal yang kadang dianggap sepele. Hingga ketika kau tidak mengerti hal-hal itu, dialah yang akan menyelesaikan bagiannya. Sehingga tanpa kau sadari ketika menjalankan sisa hidupmu… kau menjadi lebih kuat karena kehadirannya di sisimu. Jika ada makhluk yang sangat bertolak belakang, kontras dengan lelaki, itulah perempuan. Jika ada makhluk yang sanggup menaklukkan hati hanya dengan sebuah senyuman, itulah perempuan.

Ia tidak butuh argumentasi hebat dari seorang laki-laki, tetapi ia butuh jaminan rasa aman darinya karena ia ada untuk dilindungi, tidak hanya secara fisik tetapi juga emosi. Ia tidak tertarik kepada fakta-fakta yang akurat, bahasa yang teliti dan logis yang bisa disampaikan secara detail dari seorang laki-laki, tetapi yang ia butuhkan adalah perhatiannya, kata-kata yang lembut, ungkapan-ungkapan sayang yang sepele, namun baginya sangat berarti, membuatnya aman di dekatmu. Batu yang keras dapat terkikis habis oleh air yang luwes, sifat laki-laki yang keras ternetralisir oleh kelembutan perempuan. Rumput yang lembut tidak mudah tumbang oleh badai dibandingkan dengan pohon yang besar dan rindang, seperti juga di dalam kelembutannya di situlah terletak kekuatan dan ketahanan yang membuatnya bisa bertahan dalam situasi apapun.

Ia lembut bukan untuk diinjak, rumput yang lembut akan dinaungi oleh pohon yang kokoh dan rindang. Jika lelaki berpikir tentang perasaan perempuan, itu sepersekian dari hidupnya. Tetapi jika perempuan berpikir tentang perasaan lelaki, itu akan menyita seluruh hidupnya. Karena perempuan diciptakan dari tulang rusuk laki- laki, karena perempuan adalah bagian dari laki-laki, apa yang menjadi bagian dari hidupnya, akan menjadi bagian dari hidupmu. Keluarganya akan menjadi keluarga barumu, keluargamu pun akan menjadi keluarganya juga. Sekalipun ia jauh dari keluarganya, namun ikatan emosi kepada keluarganya tetap ada karena ia lahir dan dibesarkan di sana. Karena mereka, ia menjadi seperti sekarang ini. Perasaannya terhadap keluarganya, akan menjadi bagian dari perasaanmu juga, karena kau dan dia adalah satu, dia adalah dirimu yang tak ada sebelumnya. Ketika pertandingan dimulai, pastikan dia ada di bagian lapangan yang sama denganmu.

Bahkan dalam Alquran Allah SWT telah mengkhususkan suatu surat dari 114 surat yang terdapat dalam Alquran yang benama Surat An Nisa yang artinya Wanita...wahhh begitu beruntungnya ya jadinya wanita hehe dibahas secara mendetail oleh Allah SWT dalam firman-firmannya di surat itu.

Coba bayangin neh..jika 7 milyar penduduk dunia ini semuanya lelaki, hayooo...gimana coba..?? hehe trus hanya ada 1 wanita aja...biar tampangnya kaya Mba Omas juga..wahh kita bisa saling membunuh untuk mendapatkan cintanya hehe. Yaaa..arti kehadiran wanita dalam hidup ini memang begitu sangat berarti..apalagi wanita itu adalah wanita solehah...Subhanallah...aq pengennnnnn....hehe (apaaan seh abang hehe...gua juga bang hehe). Coba klo nggak ada wanita..lha mau dikandung dan dilahirin ma siapa kita??? Ma bokap??? Wehehe caranya??? Mmm...mungkin dimuntahin kali ya hehe (ihhh..abang teh jorok ahhh...hehe) (kagak gua becanda doank kok hehe).

Gimana kaum adam???? Hehe (tapi bang gua pernah denger istilah begini “ wanita itu adalah racun/fitnah dunia”...) wahhhh...jangan salah kaprah dulu dalam menilai atau mendengar suatu istilah ya sob...ntar bisa jadi fitnah lohhh...telusuri dulu kebenarannya dan maksud yang tersirat di dalamnya..jangan ditelen mentah-mentah ntar keselek dan bisa sakit perut loh hehe. Di dalam Alquran..Allah SWT berfirman dan mengangkat serta memuji derajat kaum wanita seperti berikut :

"Wahai sekalian manusia! Bertakwalah kepada
Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari seorang,
yang kemudian darinya Allah lantas menciptakan
istrinya, dari keduanya Allah mengembangbiakkan
laki-laki dan wanita yang banyak ..." (Q.s.
An-Nisa': 1)

"Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya
(dengan firman-Nya): 'Bahwa sesungguhnya Aku tiada
mensia-siakan amal orang-orang yang beramal di
antara kamu, baik laki-laki maupun wanita,
(karena) sebagian darimu adalah keturunan dari
sebagian yang lain ..." (Q.s. Ali Imran: 195).

"Dan diantara tanda-tanda kekuasaan Allah ialah
Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu
sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram
kepadanya, dan Allah menjadikannya diantara kamu
rasa kasih dan sayang ..." (Q.s. Ar-Ruum: 21).

Masih banyak lagi di antara ayat-ayat suci Al-Qur'an yang mengangkat dan memuji derajat kaum wanita, disamping kaum laki-laki. Sebagaimana Nabi saw. bersabda:

"Termasuk tiga sumber kebahagiaan bagi laki-laki
ialah wanita salehat, kediaman yang baik dan
kendaraan yang baik pula." (H.r. Ahmad dengan
sanad yang shahih).

"Di dunia ini mengandung kenikmatan, dan
sebaik-baik kenikmatan itu adalah wanita yang
salehat." (H.r. Imam Muslim, Nasa'i dan Ibnu
Majah).

"Barangsiapa yang dikaruniai oleh Allah wanita
yang salehat, maka dia telah dibantu dalam
sebagian agamanya; maka bertakwalah pula kepada
Allah dalam sisanya yang sebagian."

Mengenai fitnah yang ada pada wanita disamping fitnah yang ada pada harta dan anak-anak, dimana hal itu telah diterangkan di dalam Al-Qur'an dan dianjurkan supaya mereka waspada dan menjaga diri dari fitnah tersebut.

Dalam sabda Rasulullah SAW diterangkan mengenai fitnahnya kaum wanita, yaitu sebagai berikut,

"Setelah aku tiada, tidak ada fitnah yang paling
besar gangguannya bagi laki-laki daripada
fitnahnya wanita." (H.r. Bukhari).

Arti dari hadis di atas menunjukkan bahwa wanita itu bukan jahat, tetapi mempunyai pengaruh yang besar bagi manusia, yang dikhawatirkan lupa pada kewajibannya, lupa kepada Allah dan terhadap agama.

Allah swt. tidak mungkin menciptakan suatu kejahatan, kemudian dijadikannya sebagai suatu kebutuhan dan keharusan bagi setiap makhluk-Nya. Makna yang tersirat dari suatu kejahatan itu adalah suatu bagian yang amat sensitif, realitanya menjadi lazim bagi kebaikan secara mutlak. Segala bentuk kebaikan dan kejahatan itu berada di tangan (kekuasaan) Allah swt.

Oleh sebab itu, Allah memberikan bimbingan bagi kaum laki-laki untuk menjaga dirinya dari bahaya dan fitnah yang dapat disebabkan dan mudah dipengaruhi oleh hal-hal tersebut. Diwajibkan juga bagi kaum wanita, agar waspada dan
berhati-hati dalam menghadapi tipu muslihat yang diupayakan oleh musuh-musuh Islam untuk menjadikan kaum wanita sebagai sarana perusak budi pekerti, akhlak yang luhur dan bernilai suci.

Wajib bagi para wanita Muslimat kembali pada kodratnya sebagai wanita yang solehah, wanita hakiki, istri solehah, dan sebagai ibu teladan bagi rumah tangga, agama dan negara.

“DUNIA ADALAH PERHIASAN SEINDAH HIASAN ADALAH WANITA YANG SOLEHAH”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar